Home Science & Tech Otomotif Bank Mandiri Menyiapkan Rp 4T Untuk Proyek LRT

Bank Mandiri Menyiapkan Rp 4T Untuk Proyek LRT

700
SHARE
LRT Jakarta
LRT Jakarta 2017
LRT Jakarta
LRT Jakarta 2017

Bank Mandiri telah menyiapkan pinjaman sebesar Rp 4 triliun (US$ 300 juta) untuk membiayai proyek transit kereta ringan (light rail transit/LRT), yang menghubungkan Jakarta dan tiga kota di Jawa Barat, Bogor, Depok dan Bekasi.

Pemberi pinjaman negara lain yang akan mengambil bagian dalam pembiayaan proyek transportasi adalah Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan lembaga keuangan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

“Setiap bank akan menyumbang antara Rp 2 triliun dan Rp 5 triliun. Kami [Bank Mandiri] sudah menyiapkan Rp 4 triliun, “kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo seperti dilansir tribunnews.com, Minggu, menambahkan bahwa kreditur swasta juga diundang untuk ikut serta dalam proyek tersebut.

Pinjaman sindikasi dari bank tersebut diperkirakan mencapai Rp 18 triliun dari total biaya proyek LRT sebesar Rp 23,3 triliun.

Anggaran negara akan menutupi biaya LRT yang tersisa.

Kartika, bagaimanapun, mengatakan total biaya proyek tidak final. Perhitungan terakhir menunjukkan bahwa biayanya bisa mencapai Rp 27 triliun.

Suku bunga pinjaman masih dinegosiasikan, katanya.